Powered by Blogger.

Kemenag: Rohis Tangkal Kenakalan Remaja, Narkoba, Hingga Radikalisme

Written By Yayasan Peduli Remaja Mentari on Friday, April 29, 2016 | 17:56


DIRJEN Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamarudin Amin menyatakan kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) di sekolah penting dalam rangka menolak penetrasi negatif dampak globalisasi seperti kerusakan moral, narkoba, hingga pergaulan bebas.
Rohis merupakan kegiatan ekstrakulikuler dan bagian dari Organisasi Intra Sekolah (OSIS) yang bertujuan untuk memperkuat dan memperdalam agama Islam.
Menurut Kamarudin generasi muda merupakan sasaran empuk paham-paham yang dapat merusak karakter siswa sebagai generasi emas masa depan. Karenanya perkembangan rohis harus terus diperbarui agar dapat berperan maksimal.
Sebagai wadah vital pengembangan karakter siswa, dirinya memandang perlu ada pendampingan terhadap kegiatan rohis sehingga tidak ada penyimpangan. Kesan rohis sebagai organisasi tertutup, eksklusif harus dihindari.
“Hampir 60 juta pelajar di Indonesia. Umat Islam diantaranya sekitar 55 juta anak. Mereka tentu kader, generasi muda strategis, dan kalau ini dipanitrasi gerakan radikalisme, perbuatan amoral, moralitas mereka jebol, dipengaruhi oleh nilai tidak baik maka generasi Indonesia terancam,” tuturnya di gedung Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (28/4/2016).
Ancaman radikalisme, lanjutnya, manjadi ancaman sangat nyata dan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar tentu menjadi target strategis. Lembaga pendidikan dianggap strategis untuk disasar.
“Karenanya lembaga pendidikan harus dibentengi agar tidak dipanitrasi oleh ekstrimisme, narkoba, seks bebas, pergaulan tidak islami, hedonis,” pungkasnya. [Islampos]

0 comments:

Post a Comment