Powered by Blogger.

Menyadari Kehadiran Masalah Namun Selalu Fokus Pada Solusi

Written By Yayasan Peduli Remaja Mentari on Wednesday, March 3, 2021 | 07:38

Oleh Tim Yayasan Peduli Remaja (YPR) Mentari Cianjur

 أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ ۝  وَوَضَعۡنَا عَنكَ وِزۡرَكَ ۝  ٱلَّذِیۤ أَنقَضَ ظَهۡرَكَ

 "Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu yang memberatkan punggungmu."  (al-Insyirah: 1-3)

Sahabat Mentari punya masalah? Atau pernah punya masalah? 

Masalah bermakna sesuatu yang terjadi namun tidak seharusnya terjadi.  Masalah berkaitan dengan kerumitan suatu persoalan hingga nyebabkan overloaded di kepala.  

Berhati-hatilah dengan masalah karena dapat menyebabkan kesedihan yang mendalam dan merusak kebahagiaan.😢

Selama ini banyak orang yang memiliki masalah sangat terbebani dengan masalahnya. Mereka yang berhenti di tengah jalan dan ingin terhindar dari masalah mungkin karena lupa bahwa hidup dengan segala pernak perniknya sudah menjadi paket yang tidak bisa dipisahkan. 

Masalah adalah vitamin bagi orang-orang yang luar biasa.  Bila kita menghadapi masalah maka sebenarnya hal itu akan membuat kita semakin kuat. 😇

Dr. Paul Stolz penggagas teori adversity quotiens menyimpulkan bahwa keberhasilan merupakan hasil dari kemampuan kita untuk bangkit kembali setelah mengalami masalah.  Lebih lanjut dikatakan, terdapat tiga reaksi orang dalam menghadapi permasalahan, yaitu sebagai berikut.  

1 Quitters-menolak untuk menghadapi masalah dan memilih untuk berhenti.  

2. Campers-mereka memilih untuk menghindari masalah.

3. Climbers-berani menghadapi masalah dan menganggapnya sebagai tantangan.

Untuk dua tipe pertama, quitters dan campers, penolakan dan penghindaran terhadap masalah disebabkan karena mereka sangat fokus dengan masalahnya bukan dengan solusinya.

Sedangkan untuk tipe terakhir , climber, kata kuncinya adalah mengubah slogan dari "masalah sebagai musibah" menjadi  "masalah sebagai tantangan".  Mereka menganggap masalah sebagai tantangan karena melihat peluang di dalamnya. Mereka menyadari akan adanya masalah namun selalu fokus pada solusi.

Penanganan yang bijaksana terhadap permasalahan adalah biarkan masalah itu ada namun fokuslah pada solusinya.  Pada beberapa orang yang menerapkan hal ini dalam waktu tidak berapa lama permasalahan tersebut akan tampak jalan keluarnya. 

Dengan berfokus pada solusi akan mencegah kita dari membuat permasalahan semakin bermasalah. 

✏Inspiring Teaching

#YPR Mentari Cianjur

0 comments:

Post a Comment