Powered by Blogger.

75% Username & Password Twitter sama dengan Email

Written By Yayasan Peduli Remaja Mentari on Monday, June 18, 2012 | 11:09



[ICT Watch] Waduh, ternyata sebanyak 75% orang menggunakan username dan password Twitter yang sama dengan email. Apa ngga riskan ya? Berarti, jika salah satu saja bisa diterka oleh hacker jahat, maka yang lain bisa dibobol juga, dong?

Begitulah hasil dari sebuah studi yang dilakukan perusahaan keamanan internet, BitDefender, pada lebih dari 250.000 username, password, alamat email dan akun Twitter. Ternyata semua data itu bisa dengan mudah didapat secara online. Dan sebanyak 75% orang memakai username dan password yang sama pada email dan akun Twitternya.

Data sensitif ini bisa “disedot” melalui blog, torrents, layanan kolaborasi online, dan sumber lain. Ditemukan pula bahwa 43% data bisa dengan mudah dibobol dari tool kolaborasi online, sementara 21% dari postingan blog. Sisanya, dari torrent, sebanyak 10%, dan 18% lagi dari sumber-sumber lain.

BitDefender memperingatkan agar user social media berhati-hati saat membuat setting password bagi Twitter dan email. Paracriminal cyber bisa dengan mudah memanfaatkan data-data sensitive untuk membajak akun email dan profil Twitter untuk menyebarkan spam dam malware dengan platform tersebut. Maka sebaiknya bedakan antara password email dan Twitter agar tidak mudah dibobol.

0 comments:

Post a Comment