Powered by Blogger.

Memperkenalkan Alamat Web Mentari www.yprmentari.or.id

Written By Yayasan Peduli Remaja Mentari on Thursday, January 7, 2016 | 21:47

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah Alamat Web Mentari sekarang sudah menggunakan Domain .or.id yang berarti sudah memenuhi unsur formalitas untuk sebuah organisasi berada di dunia maya. Karena proses untuk mendapatkan Domain .or.id ini tidak seperti .com atau .org yang mana lebih mudah dan tidak memerlukan proses administrasi yang kompleks.

Untuk mendapatkan domain .or.id selain menyertakan KTP, kita harus menyertakan SK Organisasi atau Copy dari Akte Notaris Pendirian Yayasan dan melalui proses penilaian internal di pihak PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Jika nama yang kita ajukan tidak sesuai dengan Nama Organisasi dan persyaratannya kurang maka ada kemungkinan ditolak, oleh karena itu ketika mencoba mengajukan nama domain saya berpikir keras nama apa yang cocok dan mewakili YPR Mentari di dunia maya.

Sebetulnya awal tahun 2015 Direktur Mentari sebelumnya yaitu Kang Roby memberikan nama yang sangat keren yaitu mentarifoundation.or.id tapi karena ada kata yang berbahasa inggris maka saya maju mundur untuk mendaftarkannya, terlebih jika dihubungkan dengan Nama Yayasan Peduli Remaja Mentari sepertinya ada kemungkinan ditolak oleh PANDI (karena domain id adalah identik untuk Indonesia).

Terkadang saya nulis nama URL secara acak di Browser Internet karena bingung memikirkan nama yang cocok untuk Domain YPR Mentari ini. Ada kepikiran domain yang didaftarkan adalah yayasanmentari.or.id trus kemudian pedulimentari.or.id atau remajamentari.or.id hingga saya putuskan bahwa identitas Yayasan Peduli Remaja Mentari harus terwakili di Nama Domain dan dipilihlah yprmentari.or.id ke PANDI dengan bantuan Donatur yang mengurusnya (Alhamdulillah bisa gratisan ^_^ supporter by www.argonhost.com)

Sebetulnya keputusan untuk segera mendaftarkan Alamat Web Mentari dengan Domain .or.id juga karena Direktur Mentari yang baru yaitu Kang Inmar akan melakukan daftar ulang Kepengurusan Mentari ke Kemenkumham Jum'at ini. Yang terpikir dalam benak saya adalah gak keren banget jika Nama Yayasan Resmi masih menggunakan Alamat Blog :D

A'La Kulli Hal ... Anyway ... Ngomong-ngomong ... sebenarnya semua proses ini (penggunaan Alamat Web dengan Domain .or.id dan Pendaftaran ulang Kepengurusan Mentari di Kemenkumham) tujuan utamanya adalah Mentari dengan segala aspek legalitas-nya akan memacu gerak dan laju organisasi semakin mantap dan optimis. Karena di Tahun 2016 ini Mentari punya Resolusi baru: Bahwa kegiatan Mentari bisa lebih banyak menyentuh semua level Remaja di Cianjur, mau anak Rohis kek, Tukang naik Gunung atau tukang nongkrong sekalipun ... You're Welcome Here (Ketua Divisi Komunikasi)

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 comments:

Post a Comment