Powered by Blogger.

Ridwan Kamil Ke Pelajar & Mahasiswa di Madinah: "Orang Tua Saya Tidak Mewariskan Harta Tapi Ilmu"

Written By Yayasan Peduli Remaja Mentari on Friday, January 22, 2016 | 17:47

Baru-baru ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melaksanakan ibadah umrah di Makkah Al-Mukarromah. Usai Umrah, keberadaannya di Kota Madinah dimanfaatkan oleh pengurus Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) cabang Madinah.
Organisasi kemahasiswaan ini mengundang Kang Emil, sapaannya, untuk bersilaturahim dengan ratusan mahasiswa Indonesia yang belajar di Kota Nabi tersebut.

Acara yang bertema “Seni Komunikasi Ala Kang Emil” ini diadakan di Aula Tsaqofiyah, Universitas Islam Madinah (UIM), Senin (18/01/2016), usai shalat Isya waktu setempat.

Dalam pemaparannya, berdasarkan catatan hidayatullah.com, Kang Emil berbagi banyak pengalamannya. Terutama tentang tips dan kerja kerasnya menghasilkan prestasi besar di bidang arsitektur, wirausaha, dan  pemerintahan.

“Ayah-ibu saya keluarga sederhana, guru dosen, pas-pasan, saya tidak diwarisi harta. Jadi apa yang merubah hidup saya? Ilmu!” ujar anak kedua dari lima bersaudara ini.

Ia mencontohkan di antara prestasinya. Dengan ilmu arsitektur yang dikuasainya, Kang Emil telah mendatangi lebih dari 150 kota di dunia untuk urusan pekerjaan di bidang tersebut.

Ia pun memenangkan sayembara pembangunan Museum Tsunami Aceh yang diikuti lebih dari 200 arsitek pada tahun 2007.

Selain ilmu yang menjadi modal dasar dalam berkarya, Kang Emil juga menekankan bahwa hidup itu berkompetisi. Dalam menjalaninya pun seseorang harus memberikan yang terbaik.

“Apa itu yang terbaik? Kalau diminta lima, kasih tujuh; diminta seratus, kasih dua ratus; diminta satu hari, kasih dua hari. Itu yang disebut memberikan energi positif,” ujarnya.


Ia juga memperkenalkan kepada para mahasiswa tentang keadaan dan perkembangan Kota Bandung yang dipimpinnya. Dimana saat ini Bandung merupakan kota dengan tempat wisata terbanyak se-Indonesia.

Ratusan mahasiswa yang hadir sangat antusias mengikuti penyampaian tersebut. Tak lupa mereka mendoakan kesuksesan Kang Emil dalam menjalankan amanah sebagai walikota.

Pada 13 Januari lalu, di fanspage facebook resminya, Ridwan Kamil, ia sempat berpamitan kepada masyarakat Bandung sebelum berumrah selama 7 hari.

“Saya membutuhkan jeda untuk me-recharge baterai batin saya, setelah 2,5 tahun intens dengan urusan duniawi dan keumatan. Kegiatan Kota Bandung akan diurus oleh Mang Oded Danial, selaku Wakil Walikota Bandung,” tulisnya.

“Insya Allah di depan Multazam Kabah, saya doakan juga agar negeri ini dan warga komunitas fanspage ini selalu diberi keberkahanan dan keselamatan lahir batin. Dan siap tidak siap, yang jomblow didoakan pada segera berjodoh dan menikah tahun ini. Hatur Nuhun,” lanjutnya.*

0 comments:

Post a Comment